Langsung ke konten utama

Muharram 1437 H (Part 1): CSSMoRA Adakan Bakti Sosial di Kampung Cijambe

Bandung- CSSMoRA UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerjasama dengan Majlis Ta’lim Adz-Dzikri Karang Taruna RW. 07 Cijambe dalam rangka memperingati tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1437 H. Dalam rangkaian acaranya sendiri terdapat kegiatan santunan anak yatim yakni kegiatan BAKSOS yang selain menjadi kegiatan rutinan bagi CSSMoRA untuk memperkenalkan CSSMoRA di masyarakat terutama di Kampung Cijambe juga sebaagi ajang silaturahmi dengan masyarakat. (17\10) .

Salah satu kegiatan tahunan dari dapartemen PSDM CSS MoRA terbilang hal baru di karenakan acara ini bekerjasama langsung dengan Majlis Ta’lim Adz-Dzikri, “Tahun lalu acara peringatan Satu Muharram ini bekerjasama dengan Senat Fakultas Ushuluddin tapi, pada tahun ini CSSMoRA di berikan amanah untuk melaksanakan acara ini”, ungkap Imam Mubarok, OC dari kegiatan ini.

Acara ini berlangsung meriah dikarenakan acara ini di bungkus dengan beberapa kegiatan lain seperti halnya pawai obor pada saat malam memperingati satu Muharram mengelilingi desa Cijambe dan perlombaan antara majlis Ta’lim Ibu-Ibu desa Cijambe serta lomba anak-anak di sekitaran masjid Baiturahma sebagai pusat kajian dari Majlis Ta’lim ini.

“Acara ini di bungkus dengan berbagai macam lomba yang berkaitan dengan Muharram dikarenakan agar peringatan satu Muharram ini sebagai momentum pergantian tahun baru Islam selain itu juga untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peringatan satu muharram ini sebagai awal tahun bagi umat Muslim sedunia” terang Kang Endang sebagai ketua pelaksana dari Majlis Ta’lim Adz-Dzikri.

Pada malam puncak peringatan Muharram di hadiri oleh segenap warga desa Cijambe RW 07. Baik wanita maupun laki-laki, baik anak kecil hingga orang dewasa berbondong-bondong menghadiri acara penutupan sekaligus acara pemberian hadiah bagi para juara lomba dan santunan anak yatim oleh CSSMoRA UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Acara ini di hadiri oleh ketua MUI desa setempat yaitu Drs. H. Asep Kamil serta kepala desa Cinunuk yaitu H. Sesep Ruhiyat serta ketua RW dan ketua DKM Baiturrahmah yaitu Pangersa Iyang Muh. A. Rosyid serta Drs. Didi Munaidi A. M.Ag beserta rombongan.

Partisipasi warga sekitar sangat luar biasa demi menyukseskan acara puncak peringatan satu Muharram  acara ini selain di hadiri oleh warga setempat juga acara penutupan ini di hadiri oleh segenap anggota CSSMoRA UIN SGD Bandung. “Selain karena acara ini adalah puncak peringatan satu muharram, warga yang datang juga ingin melihat penampilan salah satu group Hadroh dari Rancaengkek dan tausisiyah dari Ulama kondang Ust. Ramdan Juniarsyah, M.Ag.” lanjut ketua RW. 07 Pangersa Iyang M.A. Rosyid.

Tibalah acara santunan anak yatim yang di lakukan oleh CSS MoRA UIN Bandung yang sebelumnya ketua CSS MoRA Saudara Maulani memberikan sambutan pada acara ini tentang pengenalan CSS MoRA UIN Bandung. Terdapat 7 anak yatim di desa Cijambe RW.07 yang mendapat santunan dan santunan anak yatim di berikan langsung oleh ketua CSS MoRA dan ketua OC dari CSS MoRA yaitu saudara Maulani dan Saudara Imam Mubarok. (Asrizal) 

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Psikoterapi Barat dan Psikoterapi Islam

Setelah kita mengetahui pengertian psikoterapi, tentunya dalam pemikiran kita muncul berbagai macam pertanyaan terkait pembahasan tersebut.  Nah, pada kali ini akan membahas mengenai perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam. Apa yang menjadi topik perbedaan antara keduanya? Sudut pandang psikoterapi dari mana yang efektif untuk digunakan? Mari kita cermati sama-sama  Psikoterapi ialah perawatan yang menggunakan alat, teori dan prinsip psikologik terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional dan seorang ahli menciptakan hubungan yang profesional dengan pasien. Sedangkan psikoterapi Islam ialah teknik penyembuhan/penyelesaian masalah kejiwaan/mental dengan sentuhan spiritual yang menggunakan metode Islami seperti zikir, penerapan akhlak terpuji dan lainnya berdasar Al-Qur’an dan hadits.  Jika diteliti dari pengertian keduanya, tentu sudah terlihat berbeda bukan? Perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam: 1. Objek Utama Psikoterapi Dalam pandangan psikologi

SISTEM KHILAFAH UNTUK INDONESIA ?

Bangsa indonesia dibangun oleh Founding-father, Kyai, Jajaran pemerintahan atas pondasi yang kuat. Pondasi itu meliputi Prinsip UUD ’45, Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika. Gagasan pada prinsip-prinsip dasar tersebut tak lepas dari persetujuan tokoh-tokoh muslim, seperti K.H. Hasyim Asyari, K.H. Wahid Hasyim dan yang lainnya. Dalam praktiknya, pemerintahan indonesia mengandung prinsip Islam, sehingga masyarakat Muslim bisa hidup dengan menjalankan syariat Islam tanpa hambatan.

PBSB 2016 Telah Dibuka

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Ditpontren) Kemenag RI telah membuka pendaftaran PBSB tahun 2016-2017. Selengkapnya lihat di Pengumuman PBSB 2016 http://pbsb.ditpontren.kemenag.go.id/