Langsung ke konten utama

KOMPETISI ESAI Simposium Internasional PPI Dunia dengan tema “Memperteguh Indentitas Bangsa Indonesia”



A. Ketentuan Umum
1. Peserta adalah pelajar Indonesia jenjang diploma (D1/ D2/ D3/ D4) ataupun sarjana (S1/ S2) yang terdaftar aktif di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta di seluruh dunia.
2. Naskah esai merupakan hasil karya perseorangan dan  ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar serta belum pernah dipublikasikan (baik media cetak atau elektronik) ataupun diikutsertakan dalam perlombaan lain.
3. Naskah esai merupakan hasil karya pribadi dan bukan hasil plagiasi. 
4. Peserta hanya diperkenankan mengirim satu naskah esai.
5. Peseta wajib memilih salah satu dari empat tema berikut:
    a. Mengukur kesiapan ekonomi Indonesia terhadap tantangan pasar global.
    b. Merespon problem radikalisme agama dan  pengaruhnya terhadap disintegrasi bangsa.
    c. Melihat demokrasi Indonesia hari ini dalam hukum dan politiknya.
    d. Peran pendidikan dan kebudayaan diera kebebasan informasi.

B. Ketentuan Khusus
1. Naskah esai sesuai dengan format berikut :
    a. Penulisan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).
    b. Margin atas-kiri 3 cm, kanan-bawah 2 cm, dengan ukuran kertas A4.
    c. Judul ditulis di tengah (center) dengan font Times New Roman, 14 pt, bold.
    d. Judul bab dan sub bab ditulis di sisi kiri dengan huruf kapital menggunakan font Times New Roman 12 pt. Bab ditulis bold sedangkan sub bab ditulis regular.
    e. Naskah esai minimal 10000 karakter dan maksimal 15000 karakter (tidak termasuk referensi), dengan font Times New Roman 12 pt dan spasi 1,5.

2. Naskah esai terdiri dari:
    a. Abstraksi (berbahasa inggris), berisi rangkuman singkat dan kata kunci.
    b. Pendahuluan berisi pengantar dan analisa masalah.
    c. Isi berisi gagasan, masalah dan solusinya.
    d. Penutup yang menjadi kesimpulan s]esai.
    e. Daftar Pustaka


C. Pengumpulan dan Penilaian
1. Pengumpulan esai terhitungdari tanggal 28 Januari 2016 pukul 15.00 hingga tanggal 28 Maret  2016 pukul 23.59 (WIB).
2. Pengumpulan esai disertai dengan scan/foto Kartu Tanda Mahasiswa dalam format JPEG disertai dengan softcopy karya dalam bentuk PDF pada waktu yang telah ditentukan diatas, ke alamat email (sicairo2016.esai@gmail.com) dengan format subject email : ‘Pengumpulan Esai’. 
3. Peserta akan menerima email balasan sebagai konfirmasi bahwa hasil karya peserta telah diterima oleh panita SI 2016 dalam waktu selambat-lambatnya 3 hari kerja.
4. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2016.
5. Peserta disarankan mengikuti Facebook Fanspage Simposium Internasional PPI Dunia, Kairo 2016 (https://www.facebook.com/SI.Cairo.2016) dan Twitter @sicairo2016 untuk mendapatkan informasi mengenai seluruh rangkaian kegiatan SI 2016.
6. Penilaian lomba dilakukan berdasarkan:
    a. Formatting naskah esai sesuai dengan ketentuan khusus.
    b. Orisinalitas naskah.
    c. Dasar teori dan argumentasi yang kuat.
    d. Ketajaman analisa permasalahan.
    e. Urgensi permasalahan yang diangkat.
7. Esai yang masuk akan direview oleh tim peniliai independen dan panitia SI 2016.
8.Nama-nama pemenang akan diumumkan di website resmi SI 2016(http://sicairo2016.com) pada tanggal 1 Mei 2016, dan panitia akan mengirimkan surat email resmi kepada yang bersangkutan.
9. Karya esai menjadi hak panitia dan tidak dikembalikan.
10. Peserta yang tidak mengikuti ketentuan diatas, baik ketentuan umum maupun khusus, akan didiskualifikasi.
11. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

D. Klarifikasi Pertanyaan
Jika peserta merasa kurang jelas dengan ketentuan di atas, peserta dipersilahkan untuk mengirim pertanyaan mereka ke email resmi Lomba Esai SI 2016 (sicairo2016.esai@gmail.com) dengan format sebagai berikut:
1. Pertanyaan berkaitan dengan pengumpulan: Subject dimulai dengan ‘Klarifikasi Pengumpulan’ sebagai contoh: Klarifikasi Pengumpulan Format Foto Kartu Mahasiswa
2. Pertanyaan lainnya:
Subject dimulai dengan ‘Klarifikasi’ dan disesuaikan dengan pertanyaan tersebut sebagai contoh Klarifikasi Peraturan Lomba – Kriteria Penilaian’

E. Hadiah
1. Satu pemenang utama esai terbaik akan mendapatkan tiket pulang pergi Jakarta-Kairo atau Negara domisili pemenang dan akomodasi selama berlangsungnya acara Simposium PPI Dunia 2016 pada tanggal 23-28 Juli 2016.
2. 10 karya esai terbaik akan dicetak menjadi sebuah buku dan mendapatkan sertifikat serta bingkisan menarik.

Komentar

Ky darsa mengatakan…
KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
beri 4 angka [9795] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 750 JUTA , wassalam.


Postingan populer dari blog ini

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Psikoterapi Barat dan Psikoterapi Islam

Setelah kita mengetahui pengertian psikoterapi, tentunya dalam pemikiran kita muncul berbagai macam pertanyaan terkait pembahasan tersebut.  Nah, pada kali ini akan membahas mengenai perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam. Apa yang menjadi topik perbedaan antara keduanya? Sudut pandang psikoterapi dari mana yang efektif untuk digunakan? Mari kita cermati sama-sama  Psikoterapi ialah perawatan yang menggunakan alat, teori dan prinsip psikologik terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional dan seorang ahli menciptakan hubungan yang profesional dengan pasien. Sedangkan psikoterapi Islam ialah teknik penyembuhan/penyelesaian masalah kejiwaan/mental dengan sentuhan spiritual yang menggunakan metode Islami seperti zikir, penerapan akhlak terpuji dan lainnya berdasar Al-Qur’an dan hadits.  Jika diteliti dari pengertian keduanya, tentu sudah terlihat berbeda bukan? Perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam: 1. Objek Utama Psikoterapi Dalam pandangan psikologi

Download LIRIK dan MARS CSSMoRA

D Jreng, jreng.. G Genggam tangan satukan tekad Am C G Tuk meraih mimpi Am C G Saatnya santri gapai prestasi Am G Untuk negeri ini Reff : G Satu padu kita bersama Am C G Tuk menggapai cita Am C G Langkahkan kaki tetapkan hati Am G Demi bumi pertiwi C Bangkitlah kawan Wujudkan impian G Perjuanganmu kan slalu dikenang C Bangkitlah kawan tuk kita buktikan G Pesantren kita selalu di depan Am G Bersama CSS MoRA Download Mars CSSMoRA

Always Beside You

Hujan. Selalu hujan. Beginilah keadaan kota Yogya. Sudah 1 bulan terakhir hujan terus menyapa kota ini. Hujan yang turun begitu deras membuat aktivitas orang-orang menjadi terganggu. Namun, Tuhan itu maha adil. Ia tak pernah lupa memberikan anugerah dibaliknya. Tuhan selalu menyajikan keindahan bagi setiap umatnya. Salah satu keindahan itu adalah pelangi. Pelangi sering sekali muncul dipenghujung hujan sore hari. Warna-warnanya memberikan ketenangan bagi sebagian orang yang memang mengaguminya. Begitupun dengan gadis manis yang tengah duduk bersama sahabatnya di bawah naungan atap jerami. Pondok kecil yang sengaja dibangun di bawah pohon besar oleh kedua ayah mereka. Tempat itu mereka jadikan sebagai tempat tinggal mereka yang kedua. Di pondok itulah mereka sering habiskan waktu luang mereka bersama. Abimanyu Dirgantara dan Nora Prasvara. Mereka adalah dua orang yang begitu dekat. Keduanya bersahabat sejak belia, persahabatan itu masih kokoh terjalin. Dan tahun ini merupakan tahu