Apa kabar?

Post Top Ad

Rabu, 02 Maret 2016

Lima Anggota CSS MoRA UIN Bandung Mengikuti Diklat Jurnalistik







Cibinong-Lima anggota CSS MoRA UIN Bandung mengikuti dikltas jurnalistik yang bertempat di Griya Sastra Budaya Obor Cibinong, Kab. Bogor Jawa Barat. Kegiatan ini di adakan oleh Majalah Santri CSS MoRA Nasional. (26-28/03)

Acara yang dipanitiai oleh Dewi Indah Dahlia (UPI) sebagai ketua dan segenap anggota magang santri yang terdiri dari angkatan 2014 dan 2015 berjumlah 17 panitia yang didampingi mas Irfan Hilmy sebagai alumni santri dan pihak obor. 

Kegiatan yang berskala nasional ini diikuti oleh perwakilan anggota CSSMoRA diberbagai PTN yang mengikuti PBSB. Selama tiga hari penuh peserta dilatih tentang kepenulisan oleh pemateri yang terdiri dari Hari Hardianto dan Surratul Ilmiyah tentang dasarr-dasar jurnalistik dan  tentang majalah santri, Irfan Hilmi tentang Feature dan manajemen pers, dan Rahman Seblat tentang layout majalah. Khusus manajemen pers, seluruh peserta dibagi menjadi kelompok untuk membuat majalah bayangan dengan konten-konten pokok yang telah ditentukan. 

Selain itu, di dalam acara ini juga diselengarakan pemilihan sastra terbaik karena sebelumnya ada perlombaan menulis sastra baik itu berupa puisi maupun kata-kata mutiara yang berhasil diraih oleh Maman Abdurrhman, Murnianti Jufri (uin bandung) dan Hafni Halimah (IPB).

Pada acara Diklat yang sudah menjadi kegiatan tiap tahun untuk menjaring dan memberikan pelatihan kepenulisan bagi penulis-penulis muda bagi para mahasiswa seluruh Indonesia dan dari UIN Bandung sendiri mendelegasikan Maman Abdurrahman (Redaktur SANTRI), Asrizal, Lamhod dan Nasruddin (panitia), Andi Nur dan Murniati Djufri (peserta). 

“Sangat seru dan bermanfaat acara pelatihan kepenulisan seperti sekarang ini mengingat masih banyak peminat bagi dunia kepenulisan yang selama ini masih kurang dan kami tidak sia-sia dari jauh untuk mengikuti acara pelatihan Jurnalistik ini” Terang Murniati Djufri salah seorang delegasi dari UIN Bandung

Acara ini juga di hadiri oleh berbagai macam PTN maupun PTS seluruh pulau jawa diantaranya UIN SGD Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, UPI Bandung, STAINU, UGM Yogjakarta, UIN Walisongo Semarang dan IPB Bogor yang berjumlah kurang lebih 50 orang.

“Acara ini berlangsung secara lancar meski ada beberapa kendala tapi pada acara ini para peserta mengatakan esensi atau tujuan dari Diklat pelatihan ini dapat, sesuai dengan temanya yaitu Dengan Pena Santri Berkarya Untuk Indonesia Jaya, karena tujuan kami memang pada acara ini yaitu Membungkus dengan Kesederhanan” Jelas Dahlia ketua panitia pada acara ini yang berasal dari UPI Bandung

Acara ini ditutup dengan dialog bersama yang dipimpin oleh Ivanullah A. Wibisono (Ketua Cssmora Nasional) dan Irfan Hilmy ( pihak obor) tentang hasil pelatihan jurnalistik santri dan santri kedepannya. Ditutup dengan kesederhanaan dan kekeluargaan.  (Asrizal-Nasruddin)