Laman

Minggu, 29 Oktober 2017

Semarak Peringatan Hari Santri 2017 CSSMoRA UIN SGD Bandung



Sabtu, 28 Oktober 2017, CSSMoRA UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengadakan acara tahunannya yaitu untuk memperingati Hari Santri Nasional. “Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Namun, perayaan hari santri CSSMoRA UIN Bandung ini tidak sesuai tanggalnya. Sebab, terdapat rentetan agenda menuju puncak harlah ke-4 CSSMoRA UIN Bandung yang jatuh pada 22 Oktober. Sehingga Peringatan hari santri baru dilaksakan pada tanggal 28 Oktober, bertepatan dengan hari sumpah pemuda”. Ucap ketua CSSMoRA UIN SGD Bandung ketika menyampaikan sambutannya.

 
 
Karena peringatan hari santri kali ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, maka segenap panitia yang telah dibentuk mengangkat tema “Semangat Nyantri, Semangat Mempertahankan NKRI”. Yang mana sejatinya seorang santri tidak lepas perananya dalam kemerdekaan dan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seperti halnya di tahun-tahun sebelumnya. Perayaan hari santri ini dilaksanakan dengan mengadakan kirab santri. Namun pada kali ini, tidak hanya kirab saja yang dilakukan, tetapi ditambah dengan beberapa rangkaian acara. Diantaranya yaitu khotmil Qur’an yang sangat menunjukkan ciri dari seorang santri dengan mengaji. Kemudian dilanjut dengan kirab santri. Pada kirab ini, santri CSSMoRA UIN Bandung berjalan mengelilingi kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan menggemakan sholawat selama perjalanan. Juga diadakan pembacaan puisi oleh Bapak Dodo Widarda, ikrar santri dan sumpah pemuda sebagai wujud bahwa santri adalah pemuda-pemudi Indonesia. 
 

Tidak cukup sampai disitu, untuk mentotalitaskan peringatan hari santri tahun ini, diadakan juga nonton bersama (nobar) pada malam harinya. Dengan film “Sang Kiyai”. Sehingga para santri mengetahui bagaimana perjalanan pesantren kala itu. Di samping itu, mengetahui bahwa santri pun turut andil dalam menegakkan kemerdekaan Indonesia pada masanya. (28/10/2017)

Endah Safitri Ani (angkatan 2016), crew BSO Jurnalis ORASI CSSMoRA UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Reporter)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar