Laman

Kamis, 02 November 2017

Indahnya Berbagi di Hari Santri



Sejak tahun 2015, pemerintah telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Tentu saja ketetapan itu menjadi sebuah kebanggaan bagi para santri di seluruh negeri. Sehingga, setiap pesantren atau organisasi yang terkait dengan kepesantrenan merayakan Hari Santri Nasional ini dengan amat meriah dan dengan cara yang bebeda-beda pula. Seperti halnya dengan mengadakan perlombaan antar pesantren dan festival ala santri seperti kirab atau pawai.

Mahasantri CSSMoRA UIN Sunan Gunung Djadi Bandung merayakan Hari Santri pada hari sabtu (28/10). Serangkaian acara dilaksanakan di kampus UIN Sunan Gunung Djati. Namun, pada tahun ini ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yaitu dengan menyelenggarakan khotmil Qur’an, santunan kepada anak yatim dan nonton bareng film kepesantrenan.


“Santunan kepada anak yatim tersebut, awalnya merupakan masukan dari demisioner P3M yang menginginkan kesan berbeda dan meningkatkan eksistensi CSSMoRA di masyarakat. Saya sangat setuju dengan hal tersebut, karena saya rasa segenap panitia mampu merealisasikan masukan tersebut. Maka, saya tetapkan santunan harus dilaksanakan dan alhamdulillah acara tersebut dapat terealisasikan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan respon positif dari pihak yayasan. Meskipun terdapat kendala dan rintangan yang dihadapi. .” tutur Zayed Arfayed sebagai ketua panitia acara hari santri. Yang mana santunan tersebut langsung diberikan  ke salahsatu yayasan yatim piatu oleh ketua panitia, ketua CSSMoRA UIN SGD dan perwakilan panitia Hari Santri 2017 pada hari Minggu (29/10) siang.

Acara santunan yang dilakukan tentunya menunjukan peranan santri yang senantiasa berbagi, seperti yang sudah disebutkan di atas. Semboyan Santri untuk Negeri tentunya diamalkan dengan memulai dari hal terkecil. Meskipun dengan jumlah yang kecil dan dalam ruang lingkup yang kecil, rasa kepedulian itulah yang menjadi poin penting dan harus dimulai untuk dilestarikan kedepannya. Meskipun hanya berbagi sebaris senyuman, tapi bagi banyak orang itu sangat bermakna. Tentulah santri sejati tahu, bagaimana indahnya berbagi kebahagiaan pada orang lain dengan beribu cara tentunya.

Gina Gifrianti, Anggota BSO Jurnalis ORASI CSSMoRA UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar