Laman

Jumat, 23 Mei 2014

Tes Seleksi PBSB kemenag RI diikuti Ratusan Santri Jabar

Bandung-Sebanyak 524 santri yang berasal dari Jawa Barat mengikuti tes seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang menjadi salah satu program unggulan PD. Pontren, Kementerian Agama RI tahun 2014. Tes seleksi tersebut dilaksanakan hari Kamis (22/5), di MAN 1 Cijerah, Bandung, Jawa Barat.




Menurut Drs. H. Slamet, M.M., Kasi PD. Pontren Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat mengatakan, yang menjadi landasan pelaksanaan PBSB adalah UU. No. 20 Tahun 2003, keputusan Dirjen Pendis. “Dengan adanya pelaksanaan PBSB, santri-santri dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang diimpikan,” terangnya saat membuka tes seleksi PBSB wilayah Jawa Barat.

Tujuan diselenggarakannya seleksi PBSB, lanjutnya, akan menjaring santri yang mempunyai potensi di bidang akademik, kepribadian dan penalaran, yang akan diberikan beasiswa pendidikan di perguruan tinggi.

“Saya bangga pada adik-adik santri terpilih yang hari ini akan diseleksi lagi,” ujarnya dengan sambutan optimis oleh para peserta tes seleksi PBSB.

Untuk perguruan tinggi yang masuk dalam PBSB tahun 2014, meliputi IPB, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UPI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo Semarang, UGM, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, ITS, UNAIR. Sedangkan kuota beasiswa yang sediakan pada tahun ini berjumlah 280 yang diperebutkan lebih dari 5000 santri dari seluruh Indonesia yang mengikuti seleksi.



Sementara itu, materi yang diujikan pada tes tersebut meliputi Tes Bakat Sekolastik (TBS), Tes Potensi Akademik (TPA), kepesantrenan, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan khusus peserta yang memilih di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang harus sudah hafal minimal 10 juz.  (Muhammad Zidni Nafi’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar