Langsung ke konten utama

Profil CSSMoRA (Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs)

Logo CSSMoRA UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Zaman semakin berkembang, tidak hanya teknologi selalu maju dan berinovasi. Begitu pun santri, dewasa ini santri sudah mengalami mobilitas dan inovasi yang tidak hanya sebatas pada kajian keilmuan saja, namun sudah bergerak maju khususnya dalam bidang keorganisasian yang berskala nasional. Salah satunya adalah himpunan santri-santri yang mengikuti Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di bawah naungan Kementerian Agama RI yang dihimpun dalam Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA).

PBSB adalah salah satu program unggulan Dit PD Pontren Kemenag RI. Program ini berjalan sejak 2005, dan bertujuan memberikan peluang dan memperluas akses bagi para santri untuk menikmati kuliah gratis di perguruan tinggi seperti IPB, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, ITB, UI, UPI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo, UGM, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UNISMA, UIN Sunan Ampel Surabaya, ITS, UNAIR,  STAINU Jakarta, Universitas Surya Tangerang.

Saat ini, tidak kurang dari 3.000 santri yang sudah diberi beasiswa Kemenag dan banyak di antara mereka yang sudah berkiprah di masyarakat, baik sebagai dokter, teknokrat, insinyur, serta guru dan dosen.

CSSMoRA sendiri dibentuk pada tanggal 12 Desember 2007 di Lembang, Bandung. Organisasi ini berbentuk komunitas yang bernuansa kekeluargaan. Visi dan misi dari CSSMoRA adalah terciptanya anggota CSS MoRA yang berorientasi pada keilmuan, pengembangan dan pemberdayaan pesantren serta pengabdian masyarakat. Sedangkan misinya mempererat silaturrahmi antar anggota CSSMoRA, mengembangkan bakat dan minat dari anggota CSSMoRA, mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta mengembangkan jejaring organisasi.

Pada dasarnya CSSMoRA berfungsi sebagai kepanjangan tangan dari Kementerian Agama. Layaknya organisasi lainnya, CSSMoRA juga mempunyai struktur kepengurusan beserta program kerja dan bernaung dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang  disitu terdapat program PBSB Kemenag RI. Ada juga CSSMoRA disetiap perguruan tinggi yang himpun dalam CSSMoRA Nasional. Sementara itu, program kerja dari CSSMoRA PTN sangat bervariasi. Baik program untuk internal anggota maupun program eksternal, seperti kegiatan tradisi-tradisi kepesantrenan, penggalian serta peningkatan minat dan bakat anggota, bakti sosial, pemberdayaan pesantren, kompetisi akademik berskala lokal bahkan hingga nasional.

Sebagai organisasi eksternal di perguruan tinggi, kiprah CSSMoRA lewat program kerja yang telah dijalankan sudah nampak mempunyai nama baik dibeberapa perguruan tinggi. Hal ini karena program-programnya menyentuh langsung kepada mahasiswa lain, di samping itu juga karena tidak lepas dari kerja sama dengan birokrasi kampus.

Khusus di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, PBSB baru masuk pada tahun 2013. Angkatan pertama yang berjumlah 33 santri semua masuk di jurusan Tasawuf Psikoterapi fakultas Ushuluddin. Tidak lama kemudian, pada tanggal 3 November 2013, secara resmi CSS MORA UIN SGD Bandung dilantik.

Ketua pertama CSSMoRA UIN SGD Bandung periode 2013-2014 diamanahkan kepada Muhammad Zidni Nafi’ asal pesantren Ma’had Qudsiyyah Kudus, Jawa Tengah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Psikoterapi Barat dan Psikoterapi Islam

Setelah kita mengetahui pengertian psikoterapi, tentunya dalam pemikiran kita muncul berbagai macam pertanyaan terkait pembahasan tersebut.  Nah, pada kali ini akan membahas mengenai perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam. Apa yang menjadi topik perbedaan antara keduanya? Sudut pandang psikoterapi dari mana yang efektif untuk digunakan? Mari kita cermati sama-sama  Psikoterapi ialah perawatan yang menggunakan alat, teori dan prinsip psikologik terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional dan seorang ahli menciptakan hubungan yang profesional dengan pasien. Sedangkan psikoterapi Islam ialah teknik penyembuhan/penyelesaian masalah kejiwaan/mental dengan sentuhan spiritual yang menggunakan metode Islami seperti zikir, penerapan akhlak terpuji dan lainnya berdasar Al-Qur’an dan hadits.  Jika diteliti dari pengertian keduanya, tentu sudah terlihat berbeda bukan? Perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam: 1. Objek Utama Psikoterapi Dalam pandangan psikologi

Download LIRIK dan MARS CSSMoRA

D Jreng, jreng.. G Genggam tangan satukan tekad Am C G Tuk meraih mimpi Am C G Saatnya santri gapai prestasi Am G Untuk negeri ini Reff : G Satu padu kita bersama Am C G Tuk menggapai cita Am C G Langkahkan kaki tetapkan hati Am G Demi bumi pertiwi C Bangkitlah kawan Wujudkan impian G Perjuanganmu kan slalu dikenang C Bangkitlah kawan tuk kita buktikan G Pesantren kita selalu di depan Am G Bersama CSS MoRA Download Mars CSSMoRA

PBSB 2016 Telah Dibuka

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Ditpontren) Kemenag RI telah membuka pendaftaran PBSB tahun 2016-2017. Selengkapnya lihat di Pengumuman PBSB 2016 http://pbsb.ditpontren.kemenag.go.id/