Laman

Minggu, 21 Agustus 2016

Kunci Berbahasa Asing Pesantren



Bandung- Era globalisasi sekarang ini, kemampuan bahasa merupakan kemampuan yang sangat penting. Bahasa dunia untuk sekarang ini adalah Bahasa Inggris sebagai bahasa dunia yang harus dikuasai. Pesantren menjadi tempat terbaik untuk membiasakan anak didik berbahasa asing. Namun, banyak pesantren yang tidak membiasakan kesempatan terbesar itu.

OMB PBSB 2016 hari ke-4 Senin (22/08) Dr. H. M. Izzan, M.Ag membuka pikiran peserta tentang pentingnya mengawali belajar bahasa asing melalui mendengar. “Tidak ada orang pinter bahasa, karena ibunya atau gurunya mengajarkan grammer dahulu. Dan pertama kali proses belajar bahasa melalui istima wal kalam” Ungkap Dosen Bahasa Arab Fak. Ushuluddin UIN Bandung.

Beliau memberikan kunci dalam membiasakan berbahasa asing. “Tidak ada orang di dunia ini yang (hebat berbahasa karena) menghapal kosa kata. Kuncinya dimulai dengan praktek dan membangun lingkungan” tambahnya.

“Dari pengalaman kakak kelas kalian, mereka sangat hebat dalam berbahasa asing hanya satu kelemahannya mereka yakni kurang praktek berbahasa”

“Kalian bisa bahasa cukup dengan enam bulan, yang terpenting berani praktik, belajar bahasa seakan-akan penutur bahasa itu, dan tidak takut salah”

Pesantren akan lebih berkualitas jika menerapkan metode berbahasa tersebut, untuk mengembangkan kualitas santri. Selain itu, besar tidaknya hasil setiap individu tergantung masing-masing usaha individu, mari berbahasa asing. (RD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar