Langsung ke konten utama

UIN SunanGunung Djati Bandung Siap Selenggarakan Tes SBMPTN



Oleh : Atsania Zahroh dan Endah Safitri Ani
Photo by: Dodi Alfayet
UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah salah satu tempat yang dipilih oleh pusat untuk menyelenggarakan tes SBMPTN regional Bandung. Tes SBMPTN di UIN Bandung akan diselenggarakan besok (16 Mei 2017). Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung (kampus satu) diliburkan selama dua hari, tanggal 15-16 Mei 2017 demi suksesnya pelaksanaan tes SBMPTN di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Satu hari sebelumnya (15/4), pihak UIN Bandung telah melakukan persiapan final sebelum hari H, mulai dari penempelan nomor peserta dan sterilisasi ruangan tes.
“Saya selaku penanggung jawab, merasa bangga dengan pelaksanaan tes SBMPTN yang baru pertama kali ini diadakan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ini menjadi salah satu bukti bahwa UIN Bandung semakin bersaing dan bisa berjajar dengan universitas-universitas  lain. Selain itu, UIN Bandung pun semakin melek IT”, tutur Staff Ahli, Dr. Eri Hardiyana, M. Pd.

Terlaksananya tes SBMPTN di UIN Bandung membawa dampak baik terhadap kemajuan UIN. Hal ini mendorong para teknisi, dosen, maupun mahasiswa UIN harus siap dengan IT.
Persiapan tes SBMPTN sudah dari jauh-jauh hari, sekitar dua bulan sebelumnya sudah dipersiapkan secara bertahap. Sebelum adanya keputusan bahwasannya UIN Bandung ditunjuk sebagai salah satu tempat tes, UIN Bandung harus melaksanakan survey web untuk CBP (Computer Based Test). Sedangkan PBT (Paper Based Test) juga harus dipersiapkan secara matang. Mengenai pelaksaan pada hari H, harus menyiapkan penyambutan ribuan peserta tes SBMPTN.

Photo by: Dodi Alfayet
UIN Bandung sebelumnya ditentukan sebagai tempat tes cadangan. Namun setelah akumulasi data peserta, terjadi pembludakan peserta (45.000 peserta wilayah Bandung) sekaligus bentrok antara Ujian Nasional Sekolah Dasar dan SBMPTN yang bersamaan pada tahun ini. Sehingga terjadi pengalihan tempat, yang awalnya di SD ataau SMP sekitar Bandung kota, lalu dipindahkan ke UIN Bandung. Setelah penetapan tempat, terdapat utusan UIN Bandung yang diwajibkan mengikuti training ke ITB. Training di ITB merupakan salah satu persiapan pada hari H (16/5), mulai dari teknis dan antisipasi trouble sistem dan sebagainya.

Semua persiapan di UIN Bandung di-backup oleh staff ahli bidang akademik, Dr. Eri Hardyana, M. Pd. selaku penanggung jawab. Eri sebagai penyampai atau mensosialisasikan dari pusat ke UIN Bandung terkait dengan segala ketentuan teknis maupun logistik pelaksanaan tes SBMPTN. “Untuk kedepannya perlu adanya perbaikan dari segi IT dan teknisi. Karena, tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun yang akan datang akan berbasis CBT secara keseluruhan”, tutur Eri.

Berita oleh Crew BSO Orasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Psikoterapi Barat dan Psikoterapi Islam

Setelah kita mengetahui pengertian psikoterapi, tentunya dalam pemikiran kita muncul berbagai macam pertanyaan terkait pembahasan tersebut.  Nah, pada kali ini akan membahas mengenai perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam. Apa yang menjadi topik perbedaan antara keduanya? Sudut pandang psikoterapi dari mana yang efektif untuk digunakan? Mari kita cermati sama-sama  Psikoterapi ialah perawatan yang menggunakan alat, teori dan prinsip psikologik terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional dan seorang ahli menciptakan hubungan yang profesional dengan pasien. Sedangkan psikoterapi Islam ialah teknik penyembuhan/penyelesaian masalah kejiwaan/mental dengan sentuhan spiritual yang menggunakan metode Islami seperti zikir, penerapan akhlak terpuji dan lainnya berdasar Al-Qur’an dan hadits.  Jika diteliti dari pengertian keduanya, tentu sudah terlihat berbeda bukan? Perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam: 1. Objek Utama Psikoterapi Dalam pandangan psikologi

Download LIRIK dan MARS CSSMoRA

D Jreng, jreng.. G Genggam tangan satukan tekad Am C G Tuk meraih mimpi Am C G Saatnya santri gapai prestasi Am G Untuk negeri ini Reff : G Satu padu kita bersama Am C G Tuk menggapai cita Am C G Langkahkan kaki tetapkan hati Am G Demi bumi pertiwi C Bangkitlah kawan Wujudkan impian G Perjuanganmu kan slalu dikenang C Bangkitlah kawan tuk kita buktikan G Pesantren kita selalu di depan Am G Bersama CSS MoRA Download Mars CSSMoRA

PBSB 2016 Telah Dibuka

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Ditpontren) Kemenag RI telah membuka pendaftaran PBSB tahun 2016-2017. Selengkapnya lihat di Pengumuman PBSB 2016 http://pbsb.ditpontren.kemenag.go.id/