Langsung ke konten utama

MENGENAL PSIKOTERAPI


Pernahkah kalian mendengar sebuah kalimat mengenai terapi psikologis atau yang sering disebut dengan psikoterapi?

Apa sih psikoterapi itu?


Tambahkan teks





Psikoterapi sudah lama digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi gangguan mental ataupun masalah emosional. Terkadang, orang yang mengalami permasalahan tersebut memilih untuk melakukan terapi psikologis untuk mengatasinya.


Menurut Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa dalam sebuah bukunya yang berjudul Konseling dan Psikoterapi, menyebutkan bahwa Psikoterapi lahir ke dunia pada abad pertengahan dan akhir. Secara etimologis, psikoterapi berasal dari kata “psyche” yang artinya jelas “mind” yang sederhananya berarti jiwa, dan “therapy” berasal dari bahasa Yunani yang berarti merawat atau mengasuh. Dengan demikian, psikoterapi dapat diartikan sebagai perawatan terhadap aspek kejiwaan seseorang. 


Kemudian, kata psychotherapy jika dilihat dalam Oxford English Dictionary tidak ditemukan. Tetapi, yang ada ialah kata psychotherapeutic yang diartikan sebagai perawatan terhadap suatu penyakit yang menggunakan teknik psikologis untuk melakukan intervensi psikis. 


Dengan begitu, perawatan yang dilakukan melalui teknik psikoterapi ialah perawatan yang secara umum menggunakan intervensi psikis dengan pendekatan psikologis terhadap pasien yang mengalami gangguan psikis atau kepribadian. 


Dalam pendapat lain disebutkan, psikoterapi ialah interaksi sistematis antara pasien dengan terapis yang menggunakan prinsip psikologis untuk menghasilkan sebuah perubahan pada tingkah laku, pola pikir dan perasaan pasien dan membantu memecahkan permasalahan dalam kehidupannya. 


Adapun ciri-ciri dari definisi psikoterapi tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Interaksi sistematis. Psikoterapi merupakan kegiatan yang menggunakan suatu interaksi antara pasien dan terapis. Dalam istilah sistematis ini, terapis diharapkan dapat berinteraksi dengan disertai rencana dan tujuan khusus yang menggambarkan pandangan teoritis psikoterapi
  2. Prinsip-prinsip psikologis. Dalam hal ini, psikoterapi menggunakan prinsip, penelitian dan teori psikologis serta menyusun interaksi terapeutik.
  3. Tingkah laku, pola pikir dan perasaan. Psikoterapi ialah memusatkan perhatian untuk membantu pasien melakukan perubahan behavioral, emosional dan kognitif serta membantu menjalani kehidupan dengan lebih bermakna. Psikoterapi juga mengarahkan pada semua ciri dan fungsi dari psikologis. 
  4. Pemecahan permasalahan dalam kehidupan. Psikoterapi adalah sarana untuk penemuan diri dan peningkatan kesadaran yang akan membantu manusia untuk menggapai potensi yang utuh sebagai seorang manusia. 


Lalu, siapakah orang yang memerlukan bantuan psikoterapi?

Pada kali ini, ada tiga pasien yang dikelompokkan dalam buku Kesehatan Mental karya Drs. Yustinus Semiun, OFM:

  1. Kelompok pertama ialah orang yang memiliki masalah tingkah laku yang abnormal, misalnya gangguan susana hati, penyesuaian diri, kecemasan atau bahkan skizofrenia. Tetapi dalam hal gangguan skizofrenia dan bipolar memerlukan bantuan perawatan biologis. Psikoterapi membantu pasien untuk belajar mengenai dirinya sendiri dan membantu mendapatkan keterampilan yang akan dapat memecahkan permasalahan dalam setiap kehidupannya. 
  2. Orang-orang yang meminta bantuan dalam menangani permasalahan pribadi tetapi tidak sampai disebut sebagai permasalahan yang abnormal, seperti perasaan malu ataupun bingung dalam mengambil sebuah keputusan.
  3. Orang-orang yang mencari psikoterapi, karena psikoterapi dianggap sebagai sarana pengembangan diri sehingga mereka mengharapkan agar mencapai potensi yang dimiliki seorang individu.


Jadi, psikoterapi ialah istilah yang digunakan dalam proses penanganan masalah atau gangguan psikologis melalui teknik dan prinsip psikologis dengan tujuan perawatan akut (intervensi klinis dan stabilisasi), rehabilitasi (memperbaiki gangguan perilaku yang berat), pemeliharaan (mencegah situasi yang memburuk dalam jangka panjang) serta restrukturisasi, yakni meningkatkan perubahan yang terus menerus pada pasien.

 

Psikoterapi tentunya perlu membutuhkan kerja sama antara kedua belah pihak. Bersikaplah terbuka dan selalu menerapkan langkah-langkah yang telah disepakati. Dengan begitu, pemecahan permasalahan dapat efektif untuk diselesaikan. 

Dan jangan lupa, peran dan dukungan keluarga serta orang-orang terdekat juga menjadi bagian penting dari psikoterapi. 







(Sumber: Buku Konseling dan Psikoterapi karya Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa dan Buku Kesehatan Mental karya Drs. Yustinus Semiun, OFM)


ds_mulyani


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Psikoterapi Barat dan Psikoterapi Islam

Setelah kita mengetahui pengertian psikoterapi, tentunya dalam pemikiran kita muncul berbagai macam pertanyaan terkait pembahasan tersebut.  Nah, pada kali ini akan membahas mengenai perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam. Apa yang menjadi topik perbedaan antara keduanya? Sudut pandang psikoterapi dari mana yang efektif untuk digunakan? Mari kita cermati sama-sama  Psikoterapi ialah perawatan yang menggunakan alat, teori dan prinsip psikologik terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional dan seorang ahli menciptakan hubungan yang profesional dengan pasien. Sedangkan psikoterapi Islam ialah teknik penyembuhan/penyelesaian masalah kejiwaan/mental dengan sentuhan spiritual yang menggunakan metode Islami seperti zikir, penerapan akhlak terpuji dan lainnya berdasar Al-Qur’an dan hadits.  Jika diteliti dari pengertian keduanya, tentu sudah terlihat berbeda bukan? Perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam: 1. Objek Utama Psikoterapi Dalam pandangan psikologi

Download LIRIK dan MARS CSSMoRA

D Jreng, jreng.. G Genggam tangan satukan tekad Am C G Tuk meraih mimpi Am C G Saatnya santri gapai prestasi Am G Untuk negeri ini Reff : G Satu padu kita bersama Am C G Tuk menggapai cita Am C G Langkahkan kaki tetapkan hati Am G Demi bumi pertiwi C Bangkitlah kawan Wujudkan impian G Perjuanganmu kan slalu dikenang C Bangkitlah kawan tuk kita buktikan G Pesantren kita selalu di depan Am G Bersama CSS MoRA Download Mars CSSMoRA

PBSB 2016 Telah Dibuka

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Ditpontren) Kemenag RI telah membuka pendaftaran PBSB tahun 2016-2017. Selengkapnya lihat di Pengumuman PBSB 2016 http://pbsb.ditpontren.kemenag.go.id/