Langsung ke konten utama

DEMOKRASI "CAP INTELEK" DAN KEDAULATAN RAKYAT


                    
Demokrasi artinya  pemerintahan rakyat, yaitu rakyat yang memerintah diri sendiri. Selain demokrasi, dalam sejarah dunia terdapat pemerintahan negeri yang berdasar otokrasi, yaitu kekuasaan seorang, dan oligarki, yaitu kekuasaan yang hanya pada satu golongan kecil. Dalam demokrasi tidak ada revolusi, karena rakyat memerintah diri sendiri. Kepada diri sendiri, rakyat tidak dapat memberontak.



Montesquieu, seorang ahli dari Perancis mengatakan bahwa pemerintahan demokrasi tidak dapat berlaku cepat seperti otokrasi  dan oligarki, karena senantiasa diadakan lebih dahulu mufakat orang banyak. Akan tetapi, demokrasi rakyat ini mustahil dapat dilakukan oleh negara di zaman sekarang, karena wilayahnya amat luas dan rakyatnya amat banyak. Misal, ketika  akan memutuskan sebuah kebijakan, mustahil bagi presiden mengumpulkan masyarakat dalam suatu tempat untuk menghasilkan sebuah mufakat dalam penentuan kebijakan.

Demokrasi atau pemerintahan rakyat sekarang dilakukan dengan jalan perwakilan. Rakyat memilih wakil-wakilnya pada tiap-tiap waktu yang ditentukan untuk bersidang di dalam Dewan Rakyat. Jadi, pemerintahan rakyat sekarang dilakukan dengan perantara Dewan Rakyat atau parlemen.
Menurut dasar demokrasi sekarang, pemerintah dapat berdiri kalau diakui dan disetujui oleh parlemen. 

Suatu pemerintahan yang tidak dipercayai oleh parlemen tentu tidak bisa hidup lama, karena Dewan Rakyat dapat menjatuhkan dia setiap waktu dengan mosi tanda tidak percaya atau dengan menolak begroting yang dipertimbangkan oleh pemerintahan dalam parlemen. Kalau pemerintah yang dijatuhkan itu menyangka bahwa gelagat Dewan Rakyat itu tidak lagi cocok dengan kemauan rakyat yang terbanyak, ia berhak membubarkan Dewan Rakyat dan mengadakan dengan segera pemilihan baru untuk menduga kemauan rakyat yang sebenarnya. Jika sekiranya rakyat yang mengutus kembali wakil-wakil lama ke dalam Dewan Rakyat yang baru itu, maka itu suatu tanda bagi pemerintahan bahwa ia mesti mundur, supaya digantikan oleh pemerintahan yang baru.

Menurut paham kaum intelek, kaum terpelajar atau kaum cerdik, Indonesia merdeka haruslah di bawah kekuasaan mereka sendiri. Negeri tidak maju dan makmur kalau tidak dikemudikan oleh orang yang berpengetahuan tinggi. 

Menurut teori mereka, rakyat yang banyak itu miskin dan alpa, terpaksa bekerja keras sehari-hari untuk mencari nafkah. Oleh karena itu, rakyat tidak mempunyai waktu untuk memikirkan politik dan keselamatan negeri. Dengan demikian, tidak wajib bagi rakyat yang tidak mampu itu diberi suara tentang urusan negeri. Pada sifatnya, rakyat itu tahu bahwa dirinya mengikuti kaum intelek.

Jelasnya, cara mengatur pemerintahan negeri, cara menyusun perekonomian negeri pada dasarnya harus diputuskan oleh rakyat sehingga menghasilkan mufakat. Karena tidak memungkinkan untuk melakukan rapat antara rakyat yang jumlahnya jutaan dengan kaum intelek  dipemerintahan. Oleh karena itu, kenapa harus ada anggota dewan? Dewan Rakyat dapat menampung aspirasi rakyat kemudian disampaikan kepada pemerintahan dan dijadikan kebijakan, maka akan tercipta Kedaulatan Rakyat. Inilah suatu demokrasi atau kerakyatan yang seluas-luasnya.|Kamas[ORASI]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Psikoterapi Barat dan Psikoterapi Islam

Setelah kita mengetahui pengertian psikoterapi, tentunya dalam pemikiran kita muncul berbagai macam pertanyaan terkait pembahasan tersebut.  Nah, pada kali ini akan membahas mengenai perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam. Apa yang menjadi topik perbedaan antara keduanya? Sudut pandang psikoterapi dari mana yang efektif untuk digunakan? Mari kita cermati sama-sama  Psikoterapi ialah perawatan yang menggunakan alat, teori dan prinsip psikologik terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional dan seorang ahli menciptakan hubungan yang profesional dengan pasien. Sedangkan psikoterapi Islam ialah teknik penyembuhan/penyelesaian masalah kejiwaan/mental dengan sentuhan spiritual yang menggunakan metode Islami seperti zikir, penerapan akhlak terpuji dan lainnya berdasar Al-Qur’an dan hadits.  Jika diteliti dari pengertian keduanya, tentu sudah terlihat berbeda bukan? Perbedaan psikoterapi Barat dan psikoterapi Islam: 1. Objek Utama Psikoterapi Dalam pandangan psikologi

Download LIRIK dan MARS CSSMoRA

D Jreng, jreng.. G Genggam tangan satukan tekad Am C G Tuk meraih mimpi Am C G Saatnya santri gapai prestasi Am G Untuk negeri ini Reff : G Satu padu kita bersama Am C G Tuk menggapai cita Am C G Langkahkan kaki tetapkan hati Am G Demi bumi pertiwi C Bangkitlah kawan Wujudkan impian G Perjuanganmu kan slalu dikenang C Bangkitlah kawan tuk kita buktikan G Pesantren kita selalu di depan Am G Bersama CSS MoRA Download Mars CSSMoRA

Always Beside You

Hujan. Selalu hujan. Beginilah keadaan kota Yogya. Sudah 1 bulan terakhir hujan terus menyapa kota ini. Hujan yang turun begitu deras membuat aktivitas orang-orang menjadi terganggu. Namun, Tuhan itu maha adil. Ia tak pernah lupa memberikan anugerah dibaliknya. Tuhan selalu menyajikan keindahan bagi setiap umatnya. Salah satu keindahan itu adalah pelangi. Pelangi sering sekali muncul dipenghujung hujan sore hari. Warna-warnanya memberikan ketenangan bagi sebagian orang yang memang mengaguminya. Begitupun dengan gadis manis yang tengah duduk bersama sahabatnya di bawah naungan atap jerami. Pondok kecil yang sengaja dibangun di bawah pohon besar oleh kedua ayah mereka. Tempat itu mereka jadikan sebagai tempat tinggal mereka yang kedua. Di pondok itulah mereka sering habiskan waktu luang mereka bersama. Abimanyu Dirgantara dan Nora Prasvara. Mereka adalah dua orang yang begitu dekat. Keduanya bersahabat sejak belia, persahabatan itu masih kokoh terjalin. Dan tahun ini merupakan tahu